4 Senjata Penunjang Social Media Freelancer



Ketika saya memutuskan untuk menjadi freelancer di bidang social media banyak sekali tambahan tantangan yang saya hadapi. Salah satunya adalah keterbatasan penggunaan analytic tools seperti social bakers, topsy, sysomos, dan sebagainya. Saya yang dimanjakan oleh berbagai macam tools di kantor sebelumnya tiba-tiba harus berusaha keras mencari yang gratis tanpa harus menurunkan kualitas report ke klien. Kenapa? Jika saya memaksa untuk berlangganan tools yang saya sebutkan di atas biayayanya mahal sekali.

Namun, namanya juga pekerja lepas ya harus pintar-pintar mencari celah. Cari sana-sini akhirnya saya mendapatkan beberapa website yang bisa dibilang gratis. Apa saja itu?

1. Twittercounter

Twittercounter adalah website yang menyediakan analisa untuk twitter. Bagi pengguna gratis seperti saya, tempat ini lumayan bisa diandalkan. Data followers dan following 6 bulan kebelakang secara cuma-cuma diberikan. 

Grafik perbandingan Followers vs Follloing
2. Tweetreach dan Topsy
Kenapa dua analytic tersebut saya jadikan satu? Karena biasanya saya selalu menggunakan dua tools tersebut berbarengan. Keduanya mempunyai fungsi untuk menganalisa hastag, keyword maupun akun twitter.



3. Google Analytic
Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Terus apa hubungannya dengan social media? Jika kalian ditugaskan untuk menjalankan akun Youtube Brand. Tool ini wajib banget terinstal. Sebenarnya Youtube sendiri sudah menunjang dengan memberikan report. Namun dengan ditambah GA, report yang kita buat bisa lebih dalam.



4. Iconosquare
Iconosquare digunakan untuk menganalisa akun instagram. Analisa yang dihasilkan oleh website ini buat saya sudah cukup membantu untuk menyusun laporan bulanan. Dari mulai comment received hingga best time to report bisa saya dapatkan tanpa harus membayar



Itulah keempat senjata penunjang social media freelancer yang saya gunakan. Perlu kita ketahui yang namanya gratis biasanya hasilnya tidak maksimal. Oleh karena itu biasanya saya melakukan double check terhadap semua data yang saya dapatkan. Kalau kalian biasanya pakai tools apa? Berbagi yuk!

This entry was posted on Wednesday, May 20, 2015 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply