Keliling Lombok Hanya 75ribu



Bisa seharian keliling Lombok hanya Rp75.000,00? Bisa banget! Tanggal 9 - 17 Mei lalu saya bersama keenam teman berkesempatan untuk "keliling" NTB dan NTT. Salah satu itinerary yang kami buat adalah seharian eksplore Lombok yang dilakukan di hari keempat kami di sana sebelum melanjutkan sailing ke Pulau Komodo keesokan harinya.

Tempat-tempat apa yang bisa kalian singgahi hanya bermodalkan uang Rp75.000,00 saja? Berikut list-nya:

1. Desa Adat Sade
Perkampungan ini berada di Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Ada hal menarik ketika saya berkunjung ke sini, yaitu mereka menggunakan kotoran sapi atau kerbau untuk membersihkan lantai rumah. Selain memang sudah budaya turun temurun, bahan pembersih tersebut mempunyai fungsi sebagai pengusir nyamuk di malam hari. Nah, di sini selain kalian bisa belajar tentang budaya mereka, kita juga bisa belanja souvenir khas Desa Sade. Saya yang dari awal memang mengincar ikat kepala khas lombok mendapatkannya hanya seharga Rp35.000,00 saja. Murah bukan? Sebagai informasi, biaya masuk tempat ini gratis!





2. Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan
Dua pantai yang bertentanggaan ini adalah destinasi kami selanjutnya. Lokasinya adalah Pantai Kuta terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan Pantai Tanjung Aan. 

Pantai Kuta ibaratnya sebagai alun-alun kota, tempat asik untuk kumpul sambil ngobrol hal tidak penting bersama teman. Pendopo dan tempat duduk berjajar di sepanjang pantai. Jangan lupa untuk berphoto di center point pantai ini:




Jalan ke arah Timur sedikit, kami sudah sampai di Tanjung Aan. Tempatnya hampir sama seperti Kuta, bedanya di sana ada bukit yang kalau kita naik ke atas seluruh penjuru pantai bisa kita lihat. FYI, tempat ini masih gratis.




3. Pantai Seger
Setelah menikmati Pantai Tanjung Aan dan Kuta, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Seger. Keindahan pantai ini bikin seger mata karena lebih gila dari dua pantai sebelumnya. Selain menawarkan pantainya yang rupawan, adanya bukit membuat kombinasi keindahan tempat ini menjadi sempurna. Namun jangan lupa untuk menyiapkan topi dan air botol jika memutuskan untuk naik ke bukit. Panasnya udara di sana bisa membuat kita dehidrasi. Sstttt, tempat ini GRATIS. Sepi pula!





4. Pantai Mawun
Jarak Pantai Mawun, yang masih di dalam kawasan Lombok barat, dengan pantai-pantai sebelumnya lumayan jauh. Setelah naik-turun bukit di pantai-pantai sebelumnya, pantai ini memang tempat yang cocok untuk melepas lelah sambil mimum es kelapa atau jajan cilok. Pasir  putih di Pantai Mawun lembut banget, tempatnya juga asik buat sekadar main air di pinggirnya. Masuk ke sini dikenakan biaya parkir saja.





5. Malimbu dan Senggigi 
Setelah panas-panasan di pantai Lombok Tengah, kami menuju Lombok Barat untuk menikmat sunset di Malimbu dan lanjut menikmati malam di Senggigi. Sayang sekali, ketika sampai di sana hujan yang cukup besar datang dan sunset yang ditunggu-tunggu hanya bisa dinikmati di dalam mobil.

Karena gratisnya, tempat-tempat di atas bisa dibilang tempat wisata yang cocok untuk kamu yang memang memiliki budget terbatas untuk explore lombok. Indah? Banget! Saya sudah buktikan sendiri. Apalagi jika jalan-jalan kalian share cost, budget yang dikeluarkan tidak begitu banyak untuk keliling tempat tersebut. Saya hanya merogoh kocek Rp75.000,00 saja untuk patungan biaya transportasi. Jadi, jangan jiper duluan untuk menikmati Pulau Lombok ya :D

This entry was posted on Monday, June 1, 2015 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

9 Responses to “Keliling Lombok Hanya 75ribu”

  1. Aaahh za ngiler ini liatnyaaa.. Mau kesanaaaa..

    ReplyDelete
  2. Oia btw transportasinya pake apa za? Klu sewa motor sehari brp?

    ReplyDelete
  3. Keren bro! Kapan2 bisa laaah trip bareng haha

    ReplyDelete
  4. Hehehe, klo dah urusan keliling-keliling nyewa motor emang murah. Tapi ongkos buat pindah lokasi dari domisili ke Lomboknya yang menguras isi dompet. XD

    ReplyDelete
  5. Sy pingin ikut tapi info nya dong untuk adminitrasinya

    ReplyDelete
  6. boleh minta kontak sewa mobil disana ga ?

    ReplyDelete